Kamera Ringkas Terbaik

Canon dan Sony

Canon PowerShot G9 X terkenal sebagai kamera ringkas dengan titik tembak terbaik untuk orang-orang yang ingin membeli dengan harga relatif murah. Ini adalah kamera terkecil di kelasnya, praktis dapat dimasukkan ke dalam saku, dan fokus secepat atau lebih cepat daripada pesaingnya. Ini juga mencakup operasi layar sentuh, yang jarang terjadi pada kisaran harga di bawah Rp 6.000.000.

Seperti semakin banyak kamera ringkas tingkat menengah, G9 X memiliki sensor empat kali lebih besar daripada kamera dengan titik tembak tradisional. Ini memungkinkan G9 X mengambil foto yang tampak bagus dalam berbagai kondisi pencahayaan sambil memberi Anda kemampuan untuk mengaburkan latar belakang sehingga subjek Anda menonjol. Kamera mudah dioperasikan apakah Anda memotret dalam mode auto penuh atau ingin mengambil kontrol manual pengaturan pencahayaan.

blibli.com

Kamera Pilihan
Canon Power Shot G9 X
Canon PowerShot G9 X Hitam Kamera Saku merupakan kamera yang memiliki desain bodi ramping , kamera ini juga dilengkapi sensor berukuran 1 inci, 20.2 MP CMOS.

G9 X berukuran kecil dan cukup terang untuk selalu ada bersama Anda, dan sensor 1 incinya memberikan gambar yang lebih bersih dan lebih detil daripada yang bisa diharapkan oleh kebanyakan kamera ringkas. Kamera fokus sangat cepat dalam cahaya yang baik dan memiliki layar sentuh belakang untuk memudahkan akses ke pengaturan kamera. Dilengkapi Wi-Fi memudahkan pengiriman gambar ke telepon Anda atau mengendalikan kamera dari jarak jauh (bagus untuk selfies). Semua ini dalam paket yang tidak akan pernah Anda tinggalkan di rumah karena ukuran atau beratnya.


blibli.com

Gambar Bagus Dengan Masa Pakai Baterai Lebih Baik
Sony Cyber-shot DSC-RX100 II
Sony RX100 II menawarkan kualitas gambar yang sama dengan kamera pilihan di atas, dan memiliki layar miring dan masa pakai baterai lebih lama. Ini agak lambat untuk fokus, bagaimanapun, dan layarnya tidak sensitif terhadap sentuhan.

Canon PowerShot G9 X: Kamera Pilihan 

G9 X adalah satu-satunya kamera dalam kisaran harga ini dengan layar sentuh, sehingga mudah dan intuitif untuk mengubah pengaturan kamera dan memperbesar gambar dalam pemutaran. Lebih baik lagi, layar sentuh memungkinkan Anda mengatur titik fokus hanya dengan mengetuk di mana pun di layar, pilihan yang lebih cepat daripada kamera berbasis dial. Anda dapat menangkap JPEG dan file mentah, meskipun tingkat ledakan yang sangat lamban dalam mode Raw, yang berarti Anda ingin tetap menggunakan JPEG saat memotret permainan sepak bola anak Anda atau balita saat bepergian.

Perlu ditekankan betapa kecilnya kamera ini. Jika Anda bisa memasukkan dompet ke dalam saku Anda, G9 X akan tergelincir tanpa masalah. Dan lensa zoom 28-84mm yang setara, sementara jauh lebih pendek dari kamera zoom 30x seperti Sony WX500, menawarkan rentang yang berguna untuk pengambilan gambar dengan kualitas gambar yang jauh lebih tinggi.

Seberapakah Canon G9 X dapat masuk ke saku? Ini lebih kecil dan sedikit lebih tebal daripada dompet 

G9 X adalah kamera yang sangat kecil. Ukurannya hampir sama dengan kamera Canon 350 HS. Yang sangat mengesankan adalah bahwa G9 X menyimpan sensor lebih dari empat kali lebih besar daripada model pemula dan pemotretan pemula. G9 X adalah bagian dari jenis kamera compact sensor berukuran besar lebih baru. Sensor 1 inci yang ditemukan di kamera ini menawarkan dua keunggulan berbeda: pemotretan cahaya rendah yang lebih baik dan kedalaman bidang yang dangkal. 

Sensor yang lebih besar dapat menangkap informasi lebih rinci dengan sedikit gangguan pada cahaya rendah dibandingkan dengan sensor kualitas yang sebanding dengan area kurang. Dengan X G9, Anda bisa memotret kendit (mencuri gambar) ​​di dalam ruangan tanpa wajah subjek Anda dikaburkan oleh gangguan warna (bintik merah, hijau, dan biru) sambil juga menghindari artefak pengolah gambar. Pada lubang lebar, sensornya yang lebih besar juga menciptakan kedalaman lapangan yang dangkal -- area pemandangan dalam fokus tajam -- daripada kamera compact tradisional. Sekarang ada sejumlah kamera kecil yang bisa melakukan ini, tapi tidak ada yang sekuat dan cepat fokus seperti G9 X.

Kualitas gambar keseluruhan G9 X sangat baik, memberikan detail bersih, warna realistis, dan keseimbangan putih otomatis yang cukup akurat. Gambarannya jauh lebih baik daripada yang bisa Anda dapatkan dengan kamera ringkas beberapa tahun yang lalu dan setara dengan Sony RX100 IV yang jauh lebih mahal, yang juga menggunakan sensor 1 inci.

Kemampuan untuk mengatur titik autofokus di mana pun dalam bingkai hanya dengan mengetuk layar merupakan fitur terbaik dari layar sentuh. Begitu Anda menggunakannya, metode tradisional untuk memegang sebuah tombol atau memutar sebuah tombol terasa seperti Anda kembali ke Zaman Batu.

G9 X juga dilengkapi cincin kontrol di sekitar lensa. Ini sangat berguna dan fungsinya bervariasi tergantung pada mode pemotretan Anda. Dalam mode program dan film, kamera ini menyesuaikan kompensasi pencahayaan. Pada mode bukaan dan prioritas rana, memutar cincin akan mengubah parameter paparan spesifik tersebut. Dalam mode otomatis penuh, cincin itu memperbesar lensa; Dalam mode kreatif, ia berputar melalui opsi efek.

Sistem autofocus bekerja dengan sangat baik dalam cahaya yang baik, dengan cepat mengunci sebuah subjek, biasanya tanpa mekanisme fokus berburu bolak-balik. Perburuan itu adalah sebuah isu yang mengganggu kamera Sony RX100 Mark I dan Mark II. Di dalam ruangan di bawah cahaya rendah atau di luar pada malam hari, kecepatan fokus G9 X menurun, tapi tidak lebih buruk daripada kamera lain yang harganya sama. Untuk pemotretan fokus manual, G9 X menawarkan gambar yang diperbesar dan fokus memuncak (konfirmasi visual area yang fokus tajam) sebagai alat bantu di layar, dan Anda dapat memfokuskan lensa melalui ikon layar sentuh atau cincin kontrol lensa.

Seperti kamera lain yang kami nilai, G9 X memungkinkan Anda menangkap gambar JPEG dan format mentah. Yang terakhir ini berguna jika Anda memiliki (dan tahu bagaimana menggunakan) perangkat lunak pengedit gambar dan bersedia meluangkan waktu di komputer agar gambar Anda terlihat terbaik dan kemudian siap mengkonversikannya ke JPEG untuk dibagikan kepada teman dan keluarga. 

G9 X memiliki fitur video khas kamera dalam kisaran harga ini. Anda dapat menangkap video HD 1080p pada 24, 30, atau 60 fps dan mengatur kompensasi pencahayaan saat merekam. Anda dapat mengatur pemaparan secara manual dan menggunakan layar sentuh untuk mengalihkan fokus saat merekam dengan hasil yang halus dan tidak mengganggu. Kualitas video sangat bagus, jauh di luar kamera compact dengan sensor yang lebih kecil, dan lebih bersih dengan detail lebih banyak daripada kamera sensor 1 inci awal seperti Sony RX100. Kamera memberikan video yang bisa Anda upload ke YouTube atau Vimeo dan yakin mereka akan terlihat bagus. 

Jaringan Wi-Fi G9 X memungkinkan Anda menggunakan smartphone iOS atau Android untuk mentransfer gambar dan mengendalikan kamera dari jarak jauh juga. Proses setup pada iPhone itu sederhana. Setelah mendownload aplikasi Camera Connect gratis Canon, tekan tombol Sambungan Perangkat Mobile khusus di samping kamera untuk menetapkannya ke telepon Anda. Selanjutnya, sambungkan telepon Anda ke nama jaringan Wi-Fi yang ditampilkan di layar kamera dan konfirmasikan pemilihan perangkat selular Anda di layar kamera. Meskipun tidak aktif secara default, Anda dapat mengaktifkan proteksi password untuk jaringan kamera. (Karena jaringan hanya aktif sebentar saat Anda mentransfer gambar, tidak mungkin disadap atau dibajak.)

Pemilik perangkat Android dapat menggunakan kompatibilitas NFC kamera untuk terhubung hanya dengan mengetuk kamera dan telepon bersamaan, sekali untuk mendownload aplikasi Canon dan untuk kedua kalinya membuat sambungan.

Setelah terhubung, Anda dapat mendownload gambar dan video ke telepon Anda. Video secara otomatis akan dipasang kembali ke 720p terlebih dahulu. Anda juga dapat menggunakan telepon Anda untuk mengontrol fungsi dasar kamera dari jarak jauh dan, tentu saja, ambil foto itu.

Dengan aplikasi 'Camera Connect' canon , Anda dapat menyesuaikan bukaan, shutter speed, ISO, dan kompensasi pencahayaan dari telepon Anda. Anda dapat memperbesar lensa dan menyentuh layar untuk mengatur titik fokus. Mengaktifkan tombol AF (tidak aktif secara default) memungkinkan Anda memfokuskan kamera terlebih dulu.

Masa Pakai Baterai Lebih Lama
blibli.com

Jika masa pakai baterai yang lemah dari G9 X, Sony RX100 II menawarkan portabilitas dan kualitas gambar yang sama namun berjalan dengan baterai yang memiliki nilai 130 tembakan lebih banyak. Dengan menggunakan sensor 1 inci yang sama dengan G9 X, RX100 II menghadirkan gambar dan video yang bagus, dan memiliki layar belakang yang memiringkan yang memungkinkan Anda memegang kamera di atas kepala atau di bawah pinggang dan masih melihat-lihat pemandangan dengan nyaman. RX100 II juga bisa memotret dengan cepat 10 fps bahkan dalam mode Raw.  Ini tidak secepat fokus seperti G9 X, dan karena layar belakang tidak sensitif sentuhan, secara manual memindahkan titik fokus di sekitar layar membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha.

Sony RX100 II mengemas sensor 1 inci yang sama dengan G9 X ke kantung yang sama kecilnya.

Tidak memiliki layar sentuh, juga berarti Anda akan menggunakan tombol eksternal kamera dan memanggil untuk setiap aspek operasi. Ini tidak akan intuitif bagi orang-orang yang bergerak naik dari smartphone, namun kontrolnya diposisikan dengan baik, dan dalam skenario titik tembak standar seperti foto ulang tahun dan foto liburan, RX100 II mudah dioperasikan. Ini adalah pilihan yang solid jika Anda ingin melewati hari tamasya tanpa terburu-buru untuk mengisi baterai.

------------------
Sumber bacaan:
1. thewirecutter.com
2. blibli.com
Share on Google Plus

About OkeBlibli

adalah daftar gadget dan perlengkapan terbaik dari blibli.com untuk orang yang secara cepat ingin mengetahui apa yang dicarinya. Apabila para pembaca memilih untuk membeli secara bebas dari editorial kami, maka kami akan memperoleh komisi afiliasi yang mendukung kerja kami. Inilah sebuah penjelasan secara tepat apa yang kami kerjakan dan bagaimana mendukung kami bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar