Tentang iPhone 7, 7 Plus dan 6 Plus

Apple iPhone 7 dan 6

IPhone 7 dan 7 Plus adalah perubahan yang signifikan dari pendahulunya di hampir segala hal. Selain peningkatan performa dan kualitas kamera yang biasa dari tahun ke tahun, model ini juga tahan air, mencakup speaker yang jauh lebih baik, lebih keras, dan menawarkan fitur yang membuat ponsel lebih bermanfaat dan lebih menyenangkan untuk digunakan. Seperti iPhone sebelumnya, mereka masih mudah digunakan di luar kotak dan tidak perlu bermain-main untuk mendapatkan hasil maksimal dari mereka, menjadikannya rekomendasi mudah bagi kebanyakan orang. Jika Anda memiliki iPhone 6s atau 6s Plus tahun lalu, Anda mungkin tidak perlu melakukan perubahan, namun jika saat ini Anda menggunakan seri iPhone 6 atau lebih, ada banyak hal di sini yang disukai.


iPhone 7 128 GB

iPhone Untuk Banyak Orang
iPhone 7 128 GB
IPhone 7 adalah salah satu ponsel terbaik yang bisa Anda beli, dan ini lebih baik daripada pendahulunya di hampir segala hal. Kecuali Anda benar-benar membutuhkan jack headphone, ini adalah model yang bisa didapatkan kebanyakan orang.


Antara iPhone 7, 7 Plus, dan 6 Plus -- model iPhone Apple saat ini -- kami pikir 7 adalah yang terbaik bagi kebanyakan orang karena menyeimbangkan ukuran layar dan kegunaan dengan baik. Tampilan 4,7 inci diagonalnya menawarkan ruang layar yang jauh lebih banyak daripada yang Anda dapatkan dengan iPhone 6 Plus. Dan dibandingkan dengan iPhone 7 Plus yang lebih besar, 7 terasa lebih enak di tangan kebanyakan, lebih mudah menggunakan dengan satu tangan, dan tergelincir masuk dan keluar dari saku dengan lebih mudah. Secara khusus, kami merekomendasikan 7 dengan penyimpanan 128 GB untuk siapa saja yang akan mengambil banyak foto dan video dengan ponsel mereka - meskipun Anda mungkin tidak memerlukan 128 GB, 32 GB mungkin terlalu sedikit penyimpanan.


iPhone 7 Plus 128 GB

Sebuah Perubahan Untuk Para Pengguna Berat
iPhone 7 Plus 128 GB
Layar iPhone 7 Plus yang lebih besar, daya tahan baterai yang jauh lebih lama, dan sistem kamera yang lebih baik menjadikannya perubahan hebat jika iPhone Anda selalu dilengkapi komputer mini dan kamera utama Anda.


IPhone 7 Plus yang lebih besar juga bagus, berkat layar 5,5 inci, kamera tambahan, dan masa pakai baterai yang jauh lebih lama. Layar yang lebih besar memungkinkan Anda melihat lebih banyak barang, atau melihat jumlah yang sama dengan lebih mudah. Lensa kamera kedua memungkinkan Anda mendekati subjek tanpa kehilangan resolusi, dan memungkinkan Anda mengaburkan latar belakang potret yang lebih bagus.

Dan jika Anda secara aktif menggunakan telepon Anda selama berjam-jam setiap hari, masa pakai baterai 7 Plus secara signifikan lebih lama membuatnya layak dipertimbangkan. Ini adalah iPhone yang kami rekomendasikan untuk pengguna berat ponsel cerdas (smartphone). Hanya saja tidak mudah menggunakan satu tangan (terutama jika Anda memiliki tangan kecil), dan ini lebih pas untuk kantong jeans.


iPhone 6 Plus 64 GB

Tajam Nan Jernih
iPhone 6 Plus 64 GB
Berbicara mengenai kejernihan layar tidak ada yang perlu di pertanyakan lagi, terlebih untuk perangkat Apple. iPhone 6 & 6 Plus mengusung layar Retina HD beresolusi tinggi yang sanggup menyajikan tampilan layar & warna tajam nan jernih.


iPhone 6 hadir dengan dimensi sebesar 138.1 x 67 mm serta memiliki ketebalan 6.9 mm sedangkan iPhone 6 Plus memiliki dimensi 158.1 x 77.8 mm dengan ketebalan 7.1 mm. memang kali ini dimensi yang di miliki perangkat iPhone hadir lebih besar tapi memiliki ketebalan yang bisa dikatakan cukup tipis. Apple iPhone 6 memiliki 2 varian ukuran layar, pertama berukuran 4.7 inch yang memiliki resolusi sebesar 1334 x 750 pixels dan kerapatan pixel mencapai 326 ppi. Sedangkan yang kedua berukuran 5.5 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixels yang memiliki kerapatan pixels mencapai 401 ppi.

Untuk layar berukuran 5.5 inch ini disematkan pada Apple iPhone 6 Plus. Kedua layar tersebut sudah didukung oleh teknologi Retina Display yang mampu menampilkan kecerahan layar yang tinggi. Selain itu Anda dapat melihat layar dengan jelas meskipun berada di bawah terik sinar matahari. Iphone 6 ini dibalut dengan bahan alumunium kombinasi dan baja anti karat, sehingga dengan dimensi & bahan yang dimiliki handphone ini akan cukup nyaman digenggam dalam waktu lama.

Apa yang Baru Pada 7 dan 7 Plus?

Di permukaan, model baru ini terlihat sangat mirip dengan dua generasi iPhone sebelumnya, dengan bodi aluminium yang sama dan layar 4,7 inci (untuk iPhone 7) yang sama dan 5,5 inci (untuk 7 Plus) dengan tiga Pilihan warna baru.  Hanya saja, model iPhone 7 menyertakan sejumlah upgrade yang bagus. Perubahan yang akan Anda perhatikan sangat bergantung pada model iPhone yang Anda miliki sekarang. Semakin tua telepon Anda saat ini, semakin besar perbaikannya. Tetapi, ponsel baru ini lebih baik daripada pendahulunya dalam hampir segala hal. 

Tentu saja, jika Anda telah membaca berita teknologi selama beberapa bulan terakhir, Anda tahu bahwa perubahan "terbesar" adalah iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak memiliki jack headphone 3,5 mm tradisional. Kita bahas di bawah ini.

Perubahan yang paling penting bagi banyak orang adalah resistansi air resmi (berlawanan dengan ketahanan air tidak resmi dari model tahun lalu). Secara khusus, Apple mengatakan bahwa model baru ini memiliki rating IP (ingress protection) IP67, yang berarti mereka benar-benar tahan debu, dan mereka dapat menahan air selama setengah jam saat 1 meter di bawah air. Dalam istilah dunia nyata, ini berarti bahwa ponsel seharusnya tidak tahan terhadap percikan dan kerusakan air insidental, dan harus mampu bertahan setetes di kolam renang, bak mandi, atau bejana air lainnya di sekitar rumah. Namun, perhatikan bahwa garansi iPhone tidak mencakup kerusakan air dan Anda seharusnya tidak mengisi baterai telepon sampai benar-benar kering.

iPhone 7 dan 7 Plus
Silakan-biasakan basah. Foto: Michael Hession

Telah teruji iPhone 7 Plus setelah ditenggelamkan di bak mandi dan beberapa kali tenggelam hasilnya baik-baik saja. Beberapa ponsel Android memiliki ketahanan air yang serupa untuk sementara waktu, jadi ada baiknya melihat Apple bergabung dengan klub - ini memberi Anda satu hal yang perlu dikhawatirkan, dan satu lagi penyebab kerusakan yang lebih kecil.

Perbaikan utama lainnya ada di kamera telepon. Kamera belakang pada 7 dan 7 Plus menggunakan sensor 12 megapiksel baru yang diklaim Apple lebih cepat dan lebih efisien daripada sebelumnya -- lensa 28mm f / 1.8 yang didesain ulang memungkinkan pencahayaan lebih banyak dan Apple mengatakan bahwa foto harus lebih tajam di keseluruhan gambar. 

Standar iPhone 7 juga mendapatkan sistem stabilisasi gambar optik -- yang sebelumnya hanya ditemukan pada model Plus -- yang, jika dipasangkan dengan lensa yang lebih cepat, secara signifikan dapat memperbaiki fotografi dengan cahaya rendah dan mengurangi kilau dan kegentingan untuk foto dan video. 

Apple juga telah memperbaiki lampu kilat LED, yang bisa memberikan cahaya 50 persen lebih banyak dan membuangnya 50 persen lebih jauh dari pada model 6s; Kamera juga bisa mendeteksi jika Anda berada di bawah lampu buatan yang strobo pada kecepatan sangat tinggi dan menggunakan lampu kilat untuk memperhitungkannya di foto dan video.

iPhone 7 Pus
IPhone 7 Plus memiliki lensa kedua yang menyediakan zoom optik dan mode potret bokeh. Foto: Michael Hession

Tapi perubahan kamera terbesar adalah iPhone 7 Plus -- dan hanya Plus -- mendapat lensa kedua, sebuah 56mm f / 2.8 yang disebut Apple sebagai "telephoto", meski lebih pendek dari yang kebanyakan fotografer sebut sebagai lensa tele. Saat Anda memotret, Anda dapat beralih ke lensa kedua (dengan menekan tombol 2x di layar) untuk mendapatkan zoom optik 2x instan. Dengan kata lain, Anda mendapatkan dua kali sebagai "dekat" tanpa kabur dan jatuhkan resolusi yang akan Anda dapatkan dengan zoom digital yang ditemukan di kebanyakan ponsel cerdas. 

(Anda masih bisa menggunakan zoom digital hingga 10x.) Membingungkan, mode 2x tidak selalu menggunakan lensa 56mm -- terkadang (terutama dalam cahaya lemah), kamera malah menggunakan lensa 28mm, lalu menjalankannya melalui 2x Zoom digital. Ini memanfaatkan stabilisasi dan lubang yang lebih besar dari lensa yang lebih lebar, namun kurang tajam dibanding lensa 56mm. Macworld memeriksa lensa mana yang ketika digunakan, yang tidak selalu jelas.

iPhone 7 Plus
Zoom optik 2x (kanan) memungkinkan Anda "mendekati" subjek (kiri) tanpa kehilangan resolusi. Foto: Michael Hession

Lensa kedua ini juga memungkinkan mode "potret" baru di iOS 10.1 dan yang lebih baru: OS menggabungkan gambar dari kedua kamera untuk meniru tampilan foto yang diambil dengan DSLR lensa berlubang lebar menggunakan pengaturan potret. Subjek foto fokus sementara latar belakang sedikit kabur, menirukan efek yang dikenal dengan bokeh. Ini tidak sempurna -- terkadang terlihat sangat buruk, terutama bila batas antara subjek dan latar belakang tidak berbeda. Tetapi, pada gambar di tempat kerjanya dengan baik, mode potret dapat menghasilkan gambar yang benar-benar hebat.

Apple iPhone 6 dan 6 Plus
Dua apple iPhone 6


iPhone 6 hadir dengan dimensi sebesar 138.1 x 67 mm serta memiliki ketebalan 6.9 mm. Sedangkan iPhone 6 Plus memiliki dimensi 158.1 x 77.8 mm dengan ketebalan 7.1mm. Memang kali ini dimensi yang dimiliki perangkat iPhone hadir lebih besar, tapi memiliki ketebalan yang bisa dikatakan cukup tipis. 

Apple iPhone 6 memiliki 2 varian ukuran layar. Pertama, berukuran 4.7 inch yang memiliki resolusi sebesar 1334 x 750 pixels dan kerapatan pixel mencapai 326 ppi. Sedangkan kedua, berukuran 5.5 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixels yang memiliki kerapatan pixels mencapai 401 ppi, 

Untuk layar berukuran 5.5 inch ini disematkan pada Apple iPhone 6 Plus. Kedua layar tersebut sudah didukung oleh teknologi Retina Display yang mampu menampilkan kecerahan layar yang tinggi. Selain itu, Anda dapat melihat layar dengan jelas meskipun berada di bawah terik sinar matahari. Iphone 6 ini dibalut dengan bahan alumunium kombinasi dan baja anti karat, sehingga dengan dimensi & bahan yang dimiliki handphone ini akan cukup nyaman digenggam dalam waktu lama.

Apple iPhone 6 & 6 Plus telah mengalami peningkatan dari sisi hardware.. iPhone ini telah menggunakan chipset Apple A8 Dual Core dengan kecepatan 1.4 GHz dari yang sebelumnya hanya menggunakan Chipset Apple A7 dual core 1.3 GHz. Chip Apple A8 inidi klaim memiliki performa yang berpuluh-puluh kali lipat jika dibandingkan dengan A7 dan di ciptakan untuk menjalankan tugas multitasking dengan lancar pada layar lebih lebar. 

Selain itu Apple A8 pun mampu memberikan performa yang optimal namu tetap efisien dalam penggunaan energi. Untuk menyajikan performa yang lebih handal lagi, Chipset Apple A8 didukung pula dengan coprocessor M8. Kombinasi tersebut tentu cukup untuk menjanjikan performa smartphone berkecepatan tinggi. 

Pada sektor pengolahan grafis, iPhone 6 & 6 Plus menggunakan PowerVR GX6450 (Quad-Core Graphics) yang memungkinkan Anda dapat menonton video berkualitas HD atau sekedar memainkan game berat dengan mulus tanpa ketinggalan. Untuk pilihan memori internal, Apple iPhone 6 tersedia 3 pilihan yaitu 16GB, 64GB, dan 128 GB serta untuk Memory RAM masih sama dengan iPhone 5s yaitu sebesar 1 GB saja.



Pada zaman modern seperti sekarang ini, aktivitas selfie atau berfoto dengan para sahabat merupakan hal yang banyak di lakukan baik dari kalangan muda hingga tua. Karena moment-moment tersebut dapat menjadi kenangan indah suatu hari nanti. Melihat trend ini, semua vendor smartphone berlomba-lomba menciptakan kamera smartphone yang handal, tak terkecuali Apple. iPhone 6 & 6 Plus di lengkapi dengan kamera utama sebesar 8 MP dan kamera depan sebesar 1.2 MP.

Walaupun tidak memiliki megapixel yang terlalu besar, Kamera iPhone 6 & 6 Plus mampu menangkap cahaya sekitar 81% lebih banyak dan melakukan focus lebih cepat sehingga mampu menghasilkan kualitas foto selfie atau video call yang cukup baik. Selain itu pada kamera depannya telah dilengkapi pula fitur pendeteksi wajah yang telah ditingkatkan jauh lebih baik dari sebelumnya dan terdapat mode yang memungkinkaan Anda mengambil foto beruntun sebanyak 10 kali dalam 1 detik.

Pada kamera belakang, iPhone 6 & 6 Plus dilengkapi dengan iSight camera 8MP yang mampu merekam video beresolusi HD (1080p) dengan kecepatan 60 frame per second (fps) atau bisa juga merekam video slow motion beresolusi 720p dengan kecepatan 240 fps.


Selayaknya perangkat smartphone modern, Apple iPhone 6 & iPhone 6 Plus pun dilengkapi fitur fingerprint yang dinamai Touch ID. Dengan touch ID ini, selain guna dapat membuka iPhone dengan cepat & aman, fitur ini dapat pula sebagai alat konfirmasi saat Anda melakukan pembelian di app store. Touch ID berada pada tombol home, yang dapat membaca beberapa sidik jari Anda yang di daftarkan pada perangkat secara 360 derajat, atau dengan kata lain, Anda dapat memindai sidik jari Anda pada iPhone 6 tanpa harus selalu pada posisi portrait, pada posisi landscape pun touch ID dapat mengenali sidik jari Anda.

Untuk mendukung semua perangkat hardware menyajikan performa optimal yang ditawarkan iPhone 6, Apple mempersenjatai iPhone 6 dengan baterai berukuran 1810 mAh. Sedangkan pada iPhone 6 Plus, kapasitas baterainya sedikit lebih besar yaitu 2915 mAh. 

Pada segi jaringan, sudah tentu perangkat apple ini telah mendukung jaringan 4G LTE yang terkenal jauh lebih cepat dibandingkan jaringan 3G. pada sektor Sistem Operasi, iPhone 6 & 6 Plus hadir menggunakan iOS 8 yang dapat di-upgrade sistem operasi terbaru (iOS 10). Selain itu,  iOS menyediakan iCloud yang memungkinkan Anda menyimpan dan mengakses data-data penting berbasis online di mana pun & kapan pun. 

Tak hanya itu, pada iOS telah di lengkapi dengan aplikasi kesehatan yang bisa Anda gunakan sebagai indikator/gambaran data kesehatan Anda seperti berapa langkah Anda dalam 1 hari dan masih banyak fitur menarik lainnya. ***
--------------------------
Sumber bacaan:
1. thewirecutter.com
2. blibli.com
Share on Google Plus

About OkeBlibli

adalah daftar gadget dan perlengkapan terbaik dari blibli.com untuk orang yang secara cepat ingin mengetahui apa yang dicarinya. Apabila para pembaca memilih untuk membeli secara bebas dari editorial kami, maka kami akan memperoleh komisi afiliasi yang mendukung kerja kami. Inilah sebuah penjelasan secara tepat apa yang kami kerjakan dan bagaimana mendukung kami bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar